السلام عليكم

M Ridhona Z Nur اسمي

Mahasiswa Psikologi USU Angkatan 2016 لا تحزن إن الله معنا

Sabtu, 08 April 2017

Resume 1 (Pembelajaran Dalam Psikologi Pendidikan)

Pembelajaran dalam psikologi pendidikan

Pembelajaran (learning)dapat didefenisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan ,dan keterampilan berpikir,yang diperoleh melalui pengalaman.tidak semua yang kita tahu diperoleh melalui belajar .tetapi juga kita mewarisi beberapa kemampuan. dimana kemampuan itu ada sejak lahir,dan tidak dipelajari.misalnya,kita tidak harus diajari untuk menelan makanan,berteriak,atau berkedip saat silau ,dll.
Hasil gambar untuk pembelajaran dalam psikologi pendidikan


Pendekatan Pendekatan Dalam Pembelajaran

Terdapat dua pandangan tentang pendekatan dalam pembelajaran,yaitu pendekatan behavioral dan pendekatan kognitif:
ü  Pendekatan Behavioral
Pandangan Behavioral sendiri adalah pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati,bukan dengan proses mental. menurut kaum behavior ini,perilaku adalah segala yang kita lakukan dan bisa dilihat secara langsung.proses mental sendiri didefenisikan sebagai pikiran, perasaan, dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain atau tidak dapat diobservasi oleh orang lain. pendekatan behavioral untuk pembelajaran terbagi menjadi dua :
1.    pengkondisian klasik
2.    pengkondisian operan

ü  Pendekatan kognitif
Pandangan kognitif ini menekankan pada proses atau upaya untuk mengopti- malkan kemampuan rasional(akal) yang dimiliki oleh setiap individu.dalam artian behavior melihat manusia dari segi perilaku.sedangkan kognitif melihat manusia dari kemampuan intelektual serta rasionalnya. Pendekatan kognitif dalam pembelajaran ini lebih menekankan kepada pendekatan kognitif sosial,pemrosesan informasi, konstruktivis kognitif,dan konstruktivis sosial .kognitif sosial sendiri yaitu sesuatu yang menekankan bagaimana faktor perilaku,lingkungan,dan orang(kognitif)saling berinteraksi memengaruhi proses pembelajaran.

Pendekatan Behavioral dalam pembelajaran
1.            Pengkondisian klasik
Pengkondisian klasik merupakan sebuah teori dalam pembelajaran yang diciptakan oleh psikolog Rusia bernama Ivan Pavlov. Dimana objek eksperimen penelitiannya adalah seekor anjing yang ketika mendengarkan bel langsung mengeluarkan air liur. Pengertian pengkondisian klasik sendiri adalah Sebuah bentuk pembelajaran asosiatif dimana stimulus netral menjadi diasosiasikan dengan stimulus yang bermakna dan menimbulkan kemampuan untuk mengeluarkan respon yang serupa. Yang harus dipahami dalam teori ini adalah ada dua tipe stimuli dan dua tipe respon:
ü   Unconditioned Stimulus (US),yaitu sebuah stimulus yang asli atau yang secara otomatis menghasilkan respon tanpa ada pembelajaran terlebih dahulu.contoh :daging yang dapat merangsang  anjing untuk mengeluarkan air liurnya.
ü   Unconditioned Respons(UR),yaitu sebuah respon yang tidak dipelajari   yang secara otomatis dihasilkan oleh US.contoh: air liur anjing keluar saat melihat daging.
ü   Conditioned Stimulus(CS),yaitu stimulus yang sebelumnya netral yang akhirnya menghasilkan conditioned response setelah diasosiasikan dengan US.contoh:bunyi bel yang akan menyebabkan anjing mengeluarkan air liur jika selalu dipasangkan dengan daging.
ü   Conditional Respons (CR),yaitu respon yang terkondisi ,respon terhadap stimulus yang dipelajari atau terkondisikan setelah terjadi pasangan US-CS.contoh:air liur anjing keluar karena mendengar bunyi bel.
Didalam pengkondisian klasik ada juga istilah generalisasi, diskriminasi, pelenyapan dan desensitisasi sistematis.  generalisasi adalah tendensi dari stimulus baru yang sama dengan conditioned stimlus yang asli untuk menghasilkan respon yang sama.misalkan,seorang murid yang dimarahi karena ujian biologinya buruk.saat murid tersebut mulai bersiap untuk ujian kimia,dia juga menjadi gugup karena dua mata pelajaran saling berkaitan.jadi,murid itu menggeneralisasikan satu ujian mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Diskriminasi adalah ketika organisme merespons stimuli tertentu tetapi tidak merespons stimuli lainnya. Pelenyapan(extinction) pelemahan conditioned respons (CR)karena tidak adanya unconditioned stimulus (US). Desensitisasi Sistematis merupakan sebuah metode yang didasarkan pada pengkondisian klasik yang dimaksudkan untuk mengurangi kecemasan dengan cara membuat individu mengasosiasikan relaksasi dengan visualisasi situasi yang menimbulkan kecemasan.
2.    Pengkondisian operan
Pengkondisian operan sendiri merupakan sebuah desain pembelajaran yang arsitek utamanya adalah B.F . Skinner,yang pandangannya didasarkan pada pandangan E.L Thorndike .pengkondisian operan juga dinamakan “pengkondisian instrumental” adalah sebentuk pembelajaran dimana konsekuensi-konsekuensi (imbalan atau hukuman )dari perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi. Didalam pengkondisian operan ada namanya
·         hukum efek (law effect) thorndike yang menyatakan bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil negatif akan diperlemah.
·         Penguatan dan hukuman . penguatan (imbalan) reinforcement adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu perilaku akan terjadi. Sebaliknya
·         hukuman (punishment) adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas terjadinya suatu perilaku.
·         Penguatan positif Penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung(rewarding)
·         Penguatan negatif
Penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan penghilangan stimulus yang merugikan(tidak menyenangkan):


Hasil gambar untuk pengkondisian operan


Daftar pustaka

Santrock,J.W. (2004).Psikologi Pendidikan.Jakarta:PRENAMEDIA GROUP




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

BANG DHON
wa : 0853-6210-3397
Medan, North Sumatera

SEND ME A MESSAGE

عن نفسي

Followers

Blogger templates

Blogger news

Become our Fan