السلام عليكم

M Ridhona Z Nur اسمي

Mahasiswa Psikologi USU Angkatan 2016 لا تحزن إن الله معنا

Minggu, 02 Juli 2017

tugas resume 3 after UTS Mengelola Kelas

Tugas Resume 3 After UTS
Mengelola kelas

Hasil gambar untuk mengelola kelas


Pengelolaan Kelas Secara Efektif
           Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid. Para pakar dalam bidang manajemen kelas melaporkan bahwa ada perubaha dalam pemikiran tentang cara terbaik untuk mengelola kelas

Mendesain Lingkungan Fisik Kelas
·       Prinsip Penataan Kelas
Empat prinsip dasar yang dapat dipakai untuk menata kelas (Evertson, Emmer, & Worsham, 2003):
·        Kurangi kepadatan di tempat lalu-lalang. Gangguan dapat terjadi di daerah yang sering dilewati.
·        Pastikan bahwa Anda dapat dengan mudah melihat semua murid. Tugas manajemen yang penting adalah memonitor murid. Pastikan ada jarak pandang yang jelas dari meja Anda, lokasi instruksional, meja murid, dan semua murid. Jangn sampai ada yang tidak kelihatan.
·        Materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah diakses. Ini akan meminimalkan waktu persiapan dan perapian, dan mengurangi kelambatan dan gangguan aktivitas.
·        Pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas. Tentukan di mana Anda dan murid Anda akan berada saat presentasi kelas diadakan.

Gaya Penataan
ü Penataan Kelas Standar
      Terdapat sejumlah gaya penataan kelas, yaitu: auditorium, tatap-muka, off-set, seminar, dan klaster.
·        Gaya auditorium. Gaya susunan kelas di mana semua murid duduk menghadap guru.
·        Gaya tatap muka. Gaya susunan kelas di mana murid saling menghadap.
·        Gaya off-set. Gaya susunan kelas di mana sejumlah murid (biasanya tiga atau empat anak) duduk di bangku, tetapi tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain
·        Gaya seminar. Gaya susunan kelas di mana sejumlah besar murid (sepuluh atau lebih) duduk di susunan berbentuk lingkaran atau persegi, atau bentuk U.
·        Gaya klaster. Gaya susunan kelas di mana sejumlah murid (biasanya empat sampai delapan anak) bekerja dalam kelompok kecil.

Menciptakan Lingkungan Yang Positif Untuk Pembelajaran

Menggunakan gaya otoritatif. Gaya manajemen kelas otoritatif berasal dari gaya parenting. Guru yang otorirtatif akan punya murid yang cenderung mandiri, tidak cepat puas, mau bekerja sama dengan teman, dan menunjukkan penghargaan diri yang tinggi. Gaya otoritatif bertentangan dengan strategi otoritarian dan persimisif yang tidak efektif. Gaya manajemen kelas otoritarian adalah gaya yang restriktif dan punitive. Focus utamanya adalah menjaga ketertiban kelas bukan pada pengajaran dan pembelajaran.
Mengajak murid bekerja sama.Menjalin hubungan positif dengan murid. Sebuah studi menemukan bahwa selain membuat aturan prosedur yang efektif , manajer kelas yang efektif juga menunjukkan perhatian pada murid. Perhatian ini menyebabkan kelas yang dirasakan aman dan nyaman bagi murid dan mereka merasa diperlakukan secara adil.
Mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab. Beberapa pakar manajemen kelas percaya bahwa berbagi tanggung jawab dengan murid untuk membuat keputusan kelas akan meningkatkan komitmen atau kepatuhan murid pada keputusan itu.


sumber :Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua).Jakarta: Kencana.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

BANG DHON
wa : 0853-6210-3397
Medan, North Sumatera

SEND ME A MESSAGE

عن نفسي

Followers

Blogger templates

Blogger news

Become our Fan